Rabu, 25 Juli 2018

daerahku

hai teman-teman kali ini saya  akan sedikit menjelaskan tentang daerah saya yaitu pulau kalimantan lebih tepatnya kalimantan timur.kalimantan timur adalah salah satu provinsi di kalimantan yang memiliki ibu kota samarida. adapun total seluruh kabupaten /kota yang berada di kalimantan timur/kaltim berjumlah sepuluh dan terdapat 1.026 desa definitif terdapat 155 desa yang masih berstatus swadaya,373 desa swakarya dan 498 desa swasembada.

sedangkan untuk hasil utama provinsi ini adalah hasil tambang seperti minyak,gas alam dan batu bara.sektor yang sedang bergerak maju untuk berkembang adalah agrikultur,pariwisata dan industri pengolahan. balik papan dab bontang mulai mengembangkan kawasan industri berbagai bidang demi mempercepat pertumbuhan perekonomian.sementara kabupaten-kabupaten di kaltim kini mulai membuka wilayah untuk dibuat perkebunan seperti kelapa sawit dan lain-lain.

dan di kalimantan timur juga memiliki beberapa pariwisata yang menarik.seperti kepulauanderawan di berau,taman nasional kauan mentarang dan pantai batu lamampu dinunukan.perternakan buaya di balik papan, peternakan dirusadipenajam,kampung dayak pampang di samarinda, pantai amal di tarakan,pulau kumala di tenggarong,dan lain-lain.

kalimantan timur memiliki beberapa suku bangsa yang selama ini dikenal oleh masyarakat pada umumnya.selain suku dayak ada satu suku yang juga berperan penting yaitu suku kutai.kalimantan timur juga terdapat suku pendatang dari luar,seperti bugis,jawa,banjar,makasar dan masih banyak lagi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar